Jumat, 27 Maret 2009

Susahnya Pemilu 2009

Kemarin ngobrol sama tetangga sebelah yang mantan camat. Dia sekarang jadi pengawas pemilu. Ngobrol -ngobrol dia cerita sudahnya pemilu sekarang. Sekarang pemilu gak pake nyoblos, tetapi nyontreng, walaupun kalau kertas suara terkena coblos dianggap atau disetarakan contreng. Maslah yang susah ada di panitia pemilu di TPS. Utamanya adalah waktu yang lamaaaa. Karena perserta pemilu banyak dan sekarang harus nyontreng maka variasi pemilihannya banyak. Makanya kertas suara sekarang segede koran.
Bayangkan untuk memilih saja susah karena mencari nama orang saja susah. Lah itu butuh waktu lama untuk mencari nama kira kira antara 3 s/d 5 menit. Kalikan dengan jumlah peserta. (3x150=450 mnit) sekitar 7,5 jam bila semua orang nyoblos/nyontreng.
Belum untuk mencatat / menghitung hasil suara. Karena sekarang tiap orang (bukan hanya tiap partai) punya suara yang nanti menentukan perhitungan untuk menjadi anggaota DPR/DPRD, maka semua caleg harus dihitung dan ditabulasi dipapan. Bayangkan membuat tabulasi suara untuk 38 partai dimana asumsi rata rata 1 partai 8 orang caleg…. Sekitar 300 an kolom. Papannya kudu gede, kalo gak gak gak cukup. kira kira kalo satu kolom 10cm x 20 cm atau 200cm2 maka sekitar (200 x 300 = 60.000 cm2) atau 6 m2 …
6 m2 ???? yah. Itu kira kira atau minimal . Mestinya sekitar itu lah.
hihihi.


Trus jika satu suara butuh waktu 3 s/d 5 menit untuk menghitung dan mencatat hasilnya (mulai membuka trus mencari orang yang di contreng trus membacakan hasilnya sah aatau tidak, trus memencatat di tempat / kolom yang tepat) maka kira kira lagi butuh waktu 3 menit x 150 org = 450 menit . Kira kira 7,5 jam… hahahaha..belum kalo ada kesalahan trus menghitung ulang . bweh.. Capek deh..

Akhir kata selamat berjuang para panitia pemilu di TPS. Jangan lupa buat kopi yang banyak ya… supaya tidak ngantuk dan tetap tegar.

Ini nih salah satu caleg yang gaul abiiezz..




Ini kayaknya yang siap memperjuangkan tinju di indonesia hehehe




Wah ini dia.. paling top gelarnya... panjaaaannggg .......
Habibie mah lewat...



(gambar dari http://www.janganbikinmalu2009.com/web/galeri.php)

1 komentar:

  1. uh untung si pemilik gelar panjang itu wilayah Jakarta III, soalnya saya jakarta II tuh pak hihihi

    EM

    BalasHapus