Senin, 15 Juni 2009

LIFE BEGIN AT FORTY




Lah.. maksudnya apa coba..

Tahun ini saya berumur 40 tahun. Trus banyak teman teman yang mengucapkan kiasan tersebut “ life begin at forty” kata mereka.
Nah karena saya ini ya gak bloon bloon amat .. kira kira maksud mereka adalah bahwa hidup ini mulai dapat dinikmati pada waktu kita berumur 40 tahun. Masalahnya ya.. itu tadi kenapa kok 40, kenapa gak 30 ?? kenapa gak 35?? Indikatornya apa sih??

Mungkin kiasan itu dipakai karena pada umur 40 sebagian besar orang sudah pada posisi yang menentukan jalan selanjutnya. Contohnya kalau kita bekerja sebgai pegawai di perusahaan, maka pada umur 40, kita bakalan tahu masa depan kita, apakah sukses atau suram..
Kalo kita menjabat pada umut tersebut, maka karir kita akan meningkat. Beberapa teman sekarang sudah menjabat sebagai manajer dan fasilitas dan materi pun sudah melai nampak. Mereka sudah bisa membeli mobil baru trus anak sudah bersekolah di sekolah yang elite, sebagian main golf, sebagian sudah ganti istri (hehehe).. pokoknya sudah mapanlah sistilah orang orang.

Beberapa teman yang menjadi wirasawasta ternyata sekaranga sudah menetapkan arah usaha mereka. Walupun sebelumnya mereka berganti ganti bidang usaha. Dan mereka sudah mulai menikmati materi. (bahasa halusnya .. sudah kaya hehehe)

Tapi beberapa ternyata masih belum jelas pekerjaannya, dan kelihatannya tidak akan meningkat dalam waktu yang lama (mudah mudahan saya salah). Ada yang masih menganggur, ada yang masih mencari pekerjaan lain yang lebih baik dimana pencarian itu agak susah karena umur sudah 40. Kadang kadang bagi mereka kalo dikasih selamat dengan kiasan tadi, ya bisa tambah mangkel. “life begin at forty gundulmu peyot” kata mereka. “anakku mau masuk SMP ini lagi bingung cari biaya kok forty forty pisan” Hehehe..

Kalo bagi saya, apa indikatornya??...
Pada umur 40 saya pindah ke rumah saya sendiri (beserta anak istri tentunya).. sebelum itu saya numpang hidup di Pondok Mertua Indah. :)
Selain itu biasa saja… belum ada niatan ganti istri hehehe…

Umm.. paling tidak saya bernostalgia tentang beberapa tahun yang saya lalui setelah saya lulus sekolah dan mulai bekerja 13 tahun yang lalu. Wah ternyata sudah lama ya.. Rasanya waktu sangat cepat sekali, seakan akan barusan saja saya lulus. Rasanya barusan saja, mulai menerima gaji pertama, trus barusan saja beli Coca cola dingin dan es krim yang mampu belinya hanya saat setelah gajian. Rasanya juga barusan saja saya nggaya beli mobil sendiri memakai duit sendiri walaupun harga mobilnya lebih murah daripada harga motor. (pokoknya kan punya mobil, bisa buat ngapel hehehe). Rasanya barusan saja saya hepi hepi sama teman teman rekreasi ke kota lain bersama sama. Gak ada beban. Rasanya barusan saja sibuk cari pacar kesana kemari. (sebagai inpormasi, saya gak pernah pacaran waktu sekolah. Dan pacar saya pertama dan terakhir, kenapa??.. karena yang lain pada belagu & sombong, pada nolakin saya.. hehehe)

Yah.. saya sudah melewati masa masa tersebut dengan manis. Karena sesuai judul diatas (hihihi) maka bagi saya 40 tahun masa lalu telah saya lewati, semua penuh kenangan baik manis maupun pait, semua tetap kenangan yang menyenangkan.

Pesan moral hari ini adalah apakah sodara sudah merasakan nikmatnya hidup dan berani mengucapkan bahwa “life begin at forty (ato whatever umur anda)“

2 komentar: