Selasa, 16 Juni 2009

KEMINGGRIS

Menunjuk judul judul dari blog saya.. yang sebagian judulnya memakai BAHASA INGGRIS .. adakah terbersit di pikiran sodara bahwa saya piawai dalam berbahasa inggris??..

Ternyata tidak benar sodara.. itu hanya keminggris saja.. sok ingris..nggaya poll.. lha wong saya ini bahasa inggris blekak blekuk en belepotan kok. Membaca blog dalam bahasa inggris seperti blognya mbak Devina biasanya butuh 3 kali untuk dapat tahu isinya . Bayangkan 3 kali. Jadinya kalo ada yang lucu ya mohon maaf.. gak bisa tertawa, lha wong gak mudeng maksudnya. Tapi untuk blog yang isinya masalah teknis ato komputer agak lumayan. Rata-rata 1,5 kali baca sudah mudeng.

Dari segi historis, saya tuh sudah kursus mulai dari SMP, SMA trus kemarin juga ikut kursus di kantor.. lah hampir tidak ada kemajuan ya.. Dulu pernah ikut kursus TOEFL trus ikut tesnya, dapat kira kira nila 450 an.. hebat ya.. tapi yah .. itu hanya sesaat setelah kursus , setelah itu plas… blink .. menghilang kemampuan saya. Makanya saya sangat anti terhadap novel berbahasa inggris. capek bacanya.. tiap baca 1 halaman , buka kamus .. kapan selesainya Hahaha… Padahal untuk membaca buku Teks teknikal saya kok mampu baca agak cepat ya. Mungklin karena sebagian kata yang gak ngerti bisa di bypass aja.. yang penting rumus dan gambarnya hihihi..

Tapi untuk berkomunikasi face to face (hehehe keminggris lagi) saya lumayan mampu loh untuk berkuminikasi dengan bahasa inggris. Ya tentunya dibantu dengan bahasa tubuh la tarsan gitu. Malah saya dan dia bisa saling tertawa kalo memang ada leluconnya. Masalahnya ternyata kalo ngomong tidak berhadap-hadapan komunikasinya ternyata jadi sangat sangat susah. Misalnya saya pernah berbicara lewat telpon dengan orang bule inggris, waduh gak nyambung nyambung blas sodara.. mbulet.. jadi kesimpulannya, saya bisa kok ngomong inggris dengan syarat pake bantuan bahasa tubuh ala tarsan. Duh sedih

Kebetulan saja yang nyantol diotak saya kiasan kiasan atao kata kata idiom bahasa inggris yang populer, yang terjemahannya ke bahasa Indonesia malah gak keruan.. Ato memang saya yang gak bisa terjemahin ya…. Ya sudah ditulis aja judulnya pake bahasa inggeris biar lebih nggaya hehehe. Ato memang orang-orang ituh hobi ngomong diselingi bahasa inggris ya. Seperti gini kalo bos saya bilang
“ you harus Follow Up kegiatan mereka ya”
atao “kita harus mencari Trade Off dari masalah ini”
ato “ kita harus memberikan respek pada semua Stake Holder kita”
ato “ you harus membuat Inception Report besok dengan finishing satisfied everybody”..

Lah bos, memangnya saya ngarti apa yang you bilang hehehe.

Pelajarannya jelas..: “sudahkah sodara kursus bahasa inggris??”

3 komentar:

  1. Wilih, bilangnya gak bisa bahasa Inggris, tapi buku teks/manual dibabat abis. Itu sih udah tingkat tinggiiii...

    mariskova

    BalasHapus
  2. yeee.. kan sudah dibilang.. buku teks itu ada gambar + rumusnya.. jadi tinggal mengira ngira maksudnya.. hehehe

    BalasHapus
  3. Hehehe .... saya juga suka sok keminggris, padahal gak iso omong inggris.
    Do you understand me? Or I stand under you? (halah!)

    BalasHapus