Jumat, 23 Oktober 2009

14 TAHUN




Kenapa 14 Tahun ??

Pagi kemarin saya menerima Surat Keputusan Kenaikan Gaji Berkala . Gak usah dipertanyakan kenaikan gajinya berapa (karena Cuma 75 ribu hehehe). Yang menjadikan saya terperangah adalah data yang tertulis disitu bahwa saya sudah mengabdi di perusahaan selama 14 tahun. .. yak ..Empat Belas Tahun sodara… Wuih..Ternyata saya sudah bekerja disini selama ituh.

Jadinya saya bernostalgia sendiri. Rasanya baru saja saya masuk kerja dengan pakaian putih hitam. Masuk kesini dengan modal CV pengalaman bekerja di perusahaan pembuat Pesawat Terbang di Bandung (yang ironisnya pengalaman kerja saya sangat sedikit sekali) walaupun gak nyambung dengan perusahaan ini, trus hanya didukung oleh keahlian mengetik dokumen setebal 300 halaman memakai pengolah kata MS. Word. Jaman itu dikantor ini belum ada yang memakai Word, yang ada hanya pengolah kata WordStar atau WS. Jadinya saya terpaksa cari masternya Word sejumlah 7 Floppy Disk yang kecil.

Sebetulnya niat saya pindah kesini karena kepingin pulang ke Surabaya. Waktu itu di Kantor Bandung, saya bersama banyak teman-2 yang lain tidak betah karena terus terang penghasilan yang .. yah.. lumayan sih .. tapi belum cukup untuk beli paling tidak motor baru .. hihihi matre yah.. plus disana banyak orang pinter, sehingga karyawan kayak saya walupun insinyur tapi dengan IP minim dibawah standar dan kemampuan teknik dan berpikir jauh dibawah kemampuan berdebat kusir .. .. merasa tidak akan punya kesempatan untuk naik jabatan. Artinya juga tidak akan naik gaji khan. Huhuhu….. Trus saya males cari kerja di Jakarta karena males berdesak desakan di Bis Kota dan harus berangkat subuh maka saya pikir lebih baik saya cari perusahaan di Surabaya saja (kalau gak ada kantor di Jakarta yang mau ngasih saya gaji gede). Toh disini saya bisa nebeng di rumah Ortu kan.. lebih irit dan bisa ngutang Ortu lagi hahaha..

Sekitar 3 bulan pertama, apa yang saya kerjakan sebagai pegawai baru yang gak layak untuk dikasi pekerjaan beneran??... yah selama 3 bulan kerjaan saya hanya membaca buku buku manual tentang Crane, yang satu manual ituh tebelnya kira kira hampir 10 cm. .. hehehe.. itu baru 1 buku pren, ada beberapa buku yang harus dibaca atas perintah bos kala itu. Selain itu pekerjaan saya adalah menjadi tukang ketik (tapi kita kita ini tukan ketik profesional lho) yang mampu untuk mengetik surat dan dokumen dengan sangat cepat dan dengan huruf menarik, kalu perlu ditambah gambar sedikit (yak.. menambah gambar dalam dokumen di komputer waktu ituh jarang yang mampu. ) biar nampak profesional ..dikiit…

Setelah berjuang mengatasi kebosanan saat membaca kemudian saya dimasukkan ke pelatihan “kesamaptaan”. Pasti sampeyan bingung .. apa ituh??... Itu pelatihan yang diadain oleh kesatuan ABRI .. yah sekitar 1 bulan setengah saya diasramakaan, harus belajar disiplin, baris berbaris, Pancasila dll . Hebohnya adalah karena dilingkungan itu kita wajib untuk GUNDUL.. sebenarnya bukan gundul sih.. cuman panjang rambut gak boleh lebih dari 1 cm.. (sama saja yah)..

Setelah pelatihan itu, saya baru boleh ikut pelatihan pelatihan , kursus-kursus yang lain yang berhubungan dengan pekerjaan di kantor ini sampai sekarang. Jadi pelatihan dan kursus yang saya ikuti sudah sangat banyak sampai sekarang selama 14 tahun ini, sampai sertifikat yang ada sudah semrawut gak keruan. Jadi semboyan kita .. sebelum jadi manajer karyawan harus di training terus karena belum pinter.. hehehe.. Soalnya kalo sudah pinter kan jadi manajer.

Ada pertanyaan yang mungkin timbul dari sodara sodara…. Kok Betah??

Sebenernya sih dulu gak betah. Pada masa awal sih kepengen pindah. Sampai pernah berikrar sama satu orang temen sesama karyawan baru “pokoknya kalo belum diangkat sampai 2 tahun, kita sama sama cari lowongan di tempat lain ya” .. “oke”.. Dan hasilnya bisa ditebak, bukan karena keburu diangkat, tetapi karena gak ada perusahaan lain yang menerima daku hehehe ( ya maklum aja, IP plus pengalaman minim kayak gini, kalo saya jadi direktur, liat CV gini ya ogah deh…)

Langkah setelah itu, ya waktu berjalan dengan cepat. Tiba tiba saya sudah di posisi 14 tahun bekerja. Gitu deh..

Pelajarannya adalah bahwa semua pekerjaan yang kita dapatkan seharusnya kita tekuni, perkara senang gak senang itu urusan lain. Lah kalo gak bisa dapat tempat lain yang disenangi setelah mencoba bertahun tahun (14 tahun misalnya), gimana coba??

Selamat ultah ke 14 buat saya ..hihihi…

1 komentar:

  1. wahhhh selamat ultah
    14 tahun memang bukan waktu yang singkat

    jadi ingat bapak belajar crane di Jepang
    saya yang ngga ngerti sama sekali, berkat pengalaman sedikit itu, setelahnya beberapa kali harus mandi darah menerjemahkan soal ujian crane.

    pokoknya selamat aja deh

    EM

    BalasHapus