Rabu, 14 Januari 2009

Hukuman

Kemarin ada kejadian yang menarik. Saat aku olah raga pagi di hari minggu, (sebenarnya sih beli koran di depan komplek perumahan ku yang baru), tiba tiba seorang pengendara motor berhenti di depanku. Trus dia menyapa dan bertanya apa aku dulu sekaolah di Madiun. Eh ternyata dia itu si Erwin. Temenku waktu SD dulu di Madiun.

Trus sampai srumah aku terkenang pengalaman waktu SD dulu. Bayangin. Dulu aku waktu SD kalo gak salah duduknya sudah dipasang pasang satu bangku cowok dan cewek. Nah kebetulan si Erwin ini berada di bangku belakangku. Kita (aku , si Erwin, trus teman sebangku dan teman sebangkunya erwin), ngobrol pas waktu pelajaran. Biasa namanya anak ABG kan ngrumpi gak karuan. Lah pasa kebetulan gurunya galak (aku lupa guru apa ya). Eh kejadian dech kita berempat dimarahi. Sudah beberapa saat kita semua ndengerin guru didepan. Pelan pelan kita mulai lagi bisik bisik. Lama kelamaan mulai deh ngobrol lagi. Nah gurunya pas tau. Trus marah besar. Kita berempat disuruh maju . dan eh disuruh tunggu di luar kelas. Bayangin deh . Kita ini masih kelas 5 SD. Sudah dihukum disuruh keluar kelas. Ya udah kita nunggu diluar kelas. Tapi ternyata ngobrolnya semakin efektif da efisien sodara sodara. Kenapa ?? Ya karena diluar lebih bebas gitu loh. Dan ternyata tanpa ada perasaan bersalah (ya Cuma sedikit malu sih). Wah ternyata aku ini sejak SD sudah langganan jadi “terhukum” di kelas hehehe.

Selanjutnya inget hal itu, aku trus teringat masa SMA. Biasa kejadian waktu kelas 2 SMA. Masalahnya sih hampir sama. Waktu itu diruh ngumpulin PR sama bu Guru. Lah ternyata aku belum buat PR. Lupa kalo ditanya alasannya. Kan orang sibuk hehehe. Alasan yang benar sih males. Tau kan kalo buat PR itu pekerjaan yang saaangat menyebalkan. Untungnya , ternyata selain aku, ada dua atau tiga anak lain yang gak buat PR juga. Standar prosedur bu Guru waktu itu adalah, yang gak buat PR agar meninggalkan kelas. Tunggu di luar kelas. Jelas dan tegas. Ya udah kita pada keluar kelas dan nunggu di depan kelas. Trus agak lamaan sedikit ada yang ngasi ide, gimana kalo nunggunya di kantin aja? Wah ini ide yang cemerlang. Maka pelan pelan, satu persatu kita berjalan pelan pelan menuju ke kantin. Akhirnya di Kantin kita nunggu bubaran kelas tersebut. Eh ternyata nunggu di kantin enak juga loh. Kita bisa pesan makanan trus minum es dan lainnya sambil ketawa ketawa. Nah mulailah kita pada tau ternyata dihukum keluar kelas itu ternyata enak dan menyenangkan. “Loh dihukum kok menyenangkan, ooo bocah gemblung.” Menyenagkan soalnya bisa makan di kantin, pas lagi sepi, gak rame seperti kalo wktu istirahat. Akhirnya ya karena kita otak kriminal, beberapa kali deh memang gak buat PR. Alasan pertama “Males”. Alasan berikutnya “ pengen santai makan di kantin” hehehe. Tapi sepandai pandainya tupai meloncat akhirnya jatuh juga, iyakan… Karena aku sering hukum plus kok gak susah atau paling tidak menunjukkan wajah sedih kena hukuman, bu Guru curiga. Ketahuan deh akal bulunya. Kena Razia di Kantin. Akhirnya tau gak apa yang dilakukan bu Guru setelah itu kalo ada murid yang gak buat PR. Tidak disuruh keluar lagi Sodara. Terlalu berat katanya (hehehe terlalu ringan kali ya). Maka sekarang hukumannya kita disuruh ke depan duduk jongkok sambil ngerjain PR tersebut sampai kelas selesai. Capek dehh. Hehehe. Pelajaran yang kuterima waktu itu adalah, jangan menghukum seorang murid dengan menyuruh keluar kelas. Keenakan sodara sodara…

1 komentar:

  1. hahahaha
    masukan untuk para guru

    bener deh Pak enjoy baca tulisan-tulisannya
    saya tunggu loh postingnya

    EM

    BalasHapus